Minggu, 25 November 2018

Proposal Risol Jagung



  
Disusun Oleh  :


Fadhyila Alifiya 22218365
Nisrina Farah lutfia 25218338
Putri Chairunnisa Tanjung 25218638


KELAS :
1EB18

Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi
Universitas Gunadarma
2018

1. Cover

1.1  Gambar dan Design

Produk Sebelum
     Produk Sesudah

1.2  Logo Usaha

1.3  Profil Usaha Risol Jagung
Nama Usaha : Risol Jagung
Alamat : Bintara Jaya
Tanggal Berdiri :
Jenis Usaha : Kuliner
Jumlah Karyawan : 3 Orang
Produk : Risol
Contact no : 08125622271

2. PENDAHULUAN
2.1  Sejarah Berdirinya Usaha
Menjalankan suatu usaha dibidang kuliner – dalam hal ini kuliner jajanan pasar khas Indonesia merupakan jenis usaha yang berkelanjutan, dimana usaha ini dapat dijalankan oleh semua kalangan dan dapat dinikmati semua orang. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia tidak lepas dengan makanan gorengan yang menjadi cemilan favorit. Hal ini dapat dibuktikan dengan menjamurnya bisnis gorengan dari mulai jajanan pinggiran hingga cemilan pelengkap dengan jenis yang variatif.

Risol merupakan jajanan yang sebenarnya sudah begitu lama dikenal. Risol dijual dalam bentuk siap saji dan sudah memiliki permintaan pasar yang relatif stabil. Sekarang risol banyak dijual dipasaran yang berisi sayuran salah satunya berisi jagung. Kami memilih jenis usaha “Risol jagung” agar para penikmat jajanan kuliner dapat merasakan risol yang berbeda. Harganya pun terjangkau bagi semua kalangan dari dengan rasa gurih dan bercampur rasa manis.

Usaha kuliner rumahan yang satu ini merupakan jenis usaha favorit para pengusaha yang bisa dilakukan dengan mudah dan bisa dimulai dengan modal yang tidak begitu besar. Oleh karena itu, usaha jajanan Risol Jagung ini menjadi tujuan pemasaran bagi pengusaha pemula seperti kami.


2.2  Visi & Misi Usaha

Visi:
Memproduksi dan menjual makanan yang sehat, halal, enak, bermutu serta berkualitas, serta menarik dan dapat diterima oleh kalangan masyarakat sebagai makanan cepat saji.

   Misi:
- Memperkenalkan makanan kreasi baru kepada masyarakat.
- Membangun hubungan yang baik antara produsen dan konsumen.
- Berorientasi terhadap kepuasan konsumen.
- Memperhatikan minat konsumen sehingga dapat menjadi produsen yang       mampu menghasilkan produk sesuai keinginan konsumen namun berkelas.

Motto :
“Luar Dalam Kelezatannya, Risol Jagung Solusinya!”


3. ASPEK PEMASARAN

3.1  Gambaran Umum Pasar

Segmen Pasar
Yang menjadi segmentasi pasar usaha atau bisnis ini adalah mahasiswa/i, dosen, staff, karyawan, serta warga sekitar yang cenderung menginginkan sesuatu yang enak, mengenyangkan, praktis, dan tidak merogoh kocek terlalu dalam, sehingga Risol Jagung ini adalah makanan yang cocok untuk dikonsumsi di kalangan tersebut.

Target Pasar
Yang menjadi target pasar usaha atau bisnis ini adalah mahasiswa/i, dosen, karyawan, staff, dan warga daripada Universitas Gunadarma.

Positioning
Kami menempatkan usaha atau bisnis ini akan lebih diminati oleh para mahasiswa/i khususnya karena Risol Jagung yang kami tawarkan adalah berbeda jika dibandingkan dengan risol pada umumnya. Hal lainnya adalah karena selama ini kami belum melihat usaha risol atau sejenisnya sehingga kami akan menjadi yang pertama dalam menawarkan konsep ini tanpa perlu mengkhawatirkan para pesaing. Tentu saja usaha ini akan menarik minat para mahasiswa/i pada khususnya.


3.2  Permintaan
Perkiraan / prediksi jumlah permintaan konsumen terhadap produk.
Bulan
Perkiraan Permintaan
(dalam Unit)
Oktober
840
November
960
Desember
1080

3.3  Rincian 4 Bauran Pemasaran

1. Produk

a. Variabel Produk :
Tidak ada, karena kami hanya menjual 1 produk

b. Kualitas :
- Risol dapat dibuat dengan siap saji
- Produk kami tidak mengandung mecin
- Produk kami sehat, bergizi dan berkualitas tinggi
- Risol kami berbeda dari pada risol pada umumnya

c. Desain
Desain tempat penjualan kami menggunakan meja yang dilengkapi benner
Yang telah kami buat

d. Fitur :
Fitur produk yang kami ciptakan yaitu risol yang didalamnya terdapat jagung

e. Nama Merk :                                                                                                               Nama merk produk kami adalah Risol Jagung’

f. Kemasan :                                                                                                                      Kami mengemas Produk Risol Jagung memakai Mika, Plastik

g. Ukuran :
Ukuran Risol Jagung kami sekitar 5cm

h. Pelayanan : 
                - Membangun Hubungan yang baik antara produsen dan komsumen
                - Berorientasi terhadap kepuasan konsumen

2. Price  (harga)
a. Daftar Harga :
Kami menetapkan harga risol sebagai berikut :
- Harga 1 Risol Rp 3.000,00
- Harga 2 Risol Rp 5.000,00
b. Potongan Harga :                                                          
Mendapatkan potongan harga jika membeli lebih dari 40Risol

3. Place (tempat)
a. Saluran :                                                                                     
Kami menerima pesanan melalui sistem COD, dan juga melalui aplikasi ojek online
b. Pemasaran :                                                                                                   Kami menitipkan Risol Jagung di warung - warung terdekat kampus
c. Lokasi :                                                                                                          Lokasi penjualan Risol Jagung kami di Bekasi Barat, Bintara Jaya
d. Persediaan :                                                                                           Kami menyediakan sebanyak
e. Transportasi :                                                                                               Kami memasukkan produk Risol Jagung kami ke dalam aplikasi ojek online yaitu Grabfood, dan  Gofood
4. Promotion (promosi)
a. Publisitas :                                                                                                  Membuat banner promosi produk yang ditempel disekitar lokasi penjualan, Bertemu langsung dengan pembeli untuk menawarkan produk yang kita jual. Mempromosikan kepada pembeli secara teratur
b. Penjualan Personal :                                                                                
    Kami menjual langsung ke konsumen
c. Promosi Penjualan :                                                                                   Dengan world of mouth yang artinya mempromosikan melalui mulut ke mulut
d. Penjualan Langsung :                                                                                Kami menjual secara langsung ditempat yang sudah kita rencanakan sebelumnya yaitu keliling di sekitar Perumahan Bintara Jaya , Bekasi Barat
e. Hubungan Masyarakat :                                                               Memperhatikan minat konsumen sehingga dapat menjadi produsen yang mampu menghasilkan produk sesuai keinginan konsumen namun berkelas











Tidak ada komentar:

Posting Komentar